Ingin Cicilan Mobil Baru? Begini Cara Mengatur Keuangannya

Cicilan Mobil Baru

Membeli mobil dengan uang tunai justru bisa menghemat uang Anda dibandingkan dengan sistem cicilan. Namun membeli mobil idaman dengan cara cicilan juga bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang menginginkan mobil namun membutuhkan uang untuk keperluan lain.

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan dengan matang keputusan Anda untuk menggunakan kredit pembelian mobil. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami sebelum mengajukan pembayaran dp mobil baru. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

7 Cara Mengatur Keuangan Untuk Cicilan Mobil

1. Hitung Jumlah Pengeluaran
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghitung total pengeluaran yang akan Anda lakukan setiap bulannya.

Harap siapkan jumlah yang akurat atau jumlah tertentu yang akan menjadi biaya bulanan tetap. Ini akan membantu membatasi atau mengekang pengeluaran yang kurang penting.

2. Pastikan Jumlah Hutang Maksimal
Anda juga harus memiliki jumlah maksimum hutang yang bakal ditanggung dengan keuangan yang dimiliki. Jumlah hutang tidak boleh melebihi 30% dari total pendapatan karena mempengaruhi keseimbangan keuangan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa cicilan mobil dan pembayaran hutang lainnya kurang dari 30 persen dari itu.

3. Tetaplah Menabung
Meski harus membayar cicilan dan hutang yang banyak setiap bulannya, Anda tetap harus menabung dan melakukan hal ini saat merencanakan keuangan Anda. Minimum tabungan harus mencapai total pendapatan 10 persen setiap bulan.

Penghematan ini merupakan bentuk peramalan atas segala jenis risiko keuangan yang dapat terjadi setiap saat dan harus menanggung serangkaian biaya tak terduga untuk mengatasinya.

4. Pisahkan Rekening Membayar Cicilan
Anda juga perlu memisahkan rekening tabungan dari cicilan atau rekening kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu Anda membatasi biaya dan mengelola keuangan Anda dengan lebih bijak dan teratur.

Untuk rekening yang digunakan sebagai pembayaran utang dan cicilan, Anda dapat menerapkan sistem pembayaran otomatis melalui bank untuk melindungi dari wanprestasi dan berbagai biaya bunga dan tunggakan.

Selain pembayaran utang dan cicilan, Anda juga bisa memasukkan buku rekening bulanan tetap rumah tangga seperti tagihan listrik dan tagihan telepon. Ini menghemat banyak waktu dan tenaga dibandingkan dengan membayar secara individual.

5. Jangan Satukan Uang Muka dengan Pinjaman
Jika memungkinkan, Anda harus menahan diri dari meminjam pinjaman dari kerabat atau lembaga keuangan untuk membayar uang muka untuk pinjaman mobil Anda. Jika hal ini terjadi, akan sulit secara finansial karena Anda memiliki dua kewajiban atau dua kali cicilan kredit.

6. Disiplin dalam Membayar Cicilan
Ketika Anda memiliki pembayaran cicilan dan hutang, Anda harus dapat mengelola keuangan Anda secara hemat dan teratur. Anda diharuskan membayar cicilan secara disiplin agar tidak ada masalah atau wanprestasi saat melunasi kredit mobil.

7. Perkirakan Besarnya Cicilan
Besarnya angsuran pinjaman juga ditentukan oleh tingkat bunga dan jangka waktu yang Anda tentukan atau jangka waktu pinjaman. Pastikan bahwa waktu perjalanan yang disebutkan tidak melebihi masa pakai atau masa manfaat kendaraan.

Umumnya, ketika mobil mencapai usia 5 tahun, perlu dimulai dana cadangan untuk perawatan mobil. Ini menggandakan biaya yang merupakan biaya cicilan mobil dan juga perawatan kendaraan.

8. Gunakan Asuransi yang Tepat
Pilih sumber pendanaan yang juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang tepat Temukan informasi tentang proses aplikasi asuransi yang sederhana.

Asuransi sangat membantu keselamatan mobil Anda jika rusak atau hilang di kemudian hari jika pembayaran cicilan tidak diselesaikan.

Maka dari itu, jika Anda mencari cicilan mobil baru murah bisa dengan mencoba aplikasi SEVA. Sebuah produk keluaran Astra Finance ini akan membantu Anda dalam mencari mobil baru. Selain itu, Anda juga akan dimudahkan dalam pembelian, pembayaran, cicilan, dan lain sebagainya.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *