5 Menu Sarapan Pagi Simple yang Cocok untuk Program Diet

Menu Sarapan Pagi Simple yang Cocok untuk Program Diet

Diet untuk menurunkan berat badan bukan hanya tentang mengurangi asupan makanan. Anda perlu makan sarapan pagi yang rendah kalori untuk mendukung diet supaya berat badan tetap stabil. Menu sarapan yang benar dan sehat akan memuaskan Anda hingga siang atau sepanjang hari.

1.         Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang sehat dan nyaman, terutama bagi mereka yang sedang diet. Gandum utuh ini kaya serat dan protein tetapi rendah kalori. Sehingga akan sangat baik dalam membantu mengatur berat badan.

Kandungan serat tinggi tetap memenuhi asupan gizi Anda. Oatmeal juga mengandung serat yang disebut beta glucan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung beta glucan dapat menekan nafsu makan.

2.         Roti Gandum

Karena kandungan seratnya yang tinggi, roti gandum adalah salah satu pilihan sarapan terbaik untuk orang yang sedang diet. Makanan ini juga kaya akan protein serta rasanya enak. Roti gandum akan membuat Anda kenyang hingga makan siang.

Roti gandum utuh bisa Anda nikmati dengan berbagai topping. Selai kacang menjadi rekomendasi paling umum. Kandungan lemak dalam selai kacang cukup tinggi, tetapi banyak penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya makan selai kacang tidak membuat Anda gemuk.

3.         Mashed Potato

Kentang merupakan salah satu jenis karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai pilihan pengganti nasi. Kentang sangat mengenyangkan dan secara alami membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini memungkinkan Anda mengontrol nafsu makan lebih baik.

Kentang mengandung serat makanan yang tinggi. Anda tidak hanya dapat mengukus dan memanggang, tetapi Anda juga dapat menghaluskannya untuk dijadikan mashed potato. Bumbui dengan mentega, merica, dan garam.

4.         Pisang

Jika Anda ingin sarapan dengan buah tanpa tambahan bahan tambahan, cobalah memilih pisang. Buah tinggi serat dan tinggi karbohidrat ini merupakan alternatif dari berbagai makanan sarapan siap saji.  Rasanya yang manis, berkalori tinggi, dan vitamin tinggi cocok untuk diet.

Pisang juga merupakan sumber pati resisten, sejenis serat yang tidak dapat dipecah di lambung atau usus kecil. Penelitian mengatakan bahwa serat tersebut membantu mengurangi lemak perut dan asupan makan. Sangat pas untuk mengontrol nafsu makan saat diet.

5.         Tumis Jamur

Jika Anda ingin menyiapkan sarapan sehat untuk diet, jangan lewatkan menu yang satu ini. Jamur adalah makanan rendah karbohidrat, rendah kalori, tinggi serat, vitamin B, dan zat besi. Salah satu alasan paling umum mengapa jamur ada dalam menu diet adalah nutrisinya dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, jamur memiliki efek anti penuaan sehingga sering dimakan oleh wanita yang ingin terlihat awet muda. Tumis jamur dengan sedikit minyak dan tambahkan garam, saus tiram, atau kecap asin agar lebih nikmat.

Diet adalah salah satu cara hidup sehat untuk menghindari obesitas dan menyeimbangkan gizi. Jika Anda butuh artikel tentang kesehatan lainnya, Orami adalah website yang sangat tepat. Kunjungi halaman artikelnya dan temukan berbagai bacaan bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *