Ketahui 5 Penyebab Terjadinya Arus Pendek, Yuk!

Penyebab Terjadinya Arus Pendek

Berita kebakaran masih menjadi headline yang acap memenuhi berbagai media di Indonesia. Fenomena kebakaran ternyata didominasi oleh korsleting listrik atau hubungan arus pendek. Perlu sekali pemahaman terkait penyebab terjadinya arus pendek agar risiko kebakaran bisa ditekan seminimal mungkin.

Penyebab terjadinya arus pendek

Kebakaran tidak hanya terjadi di pemukiman padat penduduk, tetapi bisa melalap bangunan apa saja seperti pertokoan, perkantoran, ruko hingga pabrik atau industri besar. Untuk Anda yang masih awam terkait penyebab terjadinya arus pendek yang mengakibatkan kebakaran, maka simak ulasan singkat berikut!

1. Pemasangan instalasi yang tidak benar

Penyebab masalah arus pendek bisa dikarenakan pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai aturan. Tiga elemen dalam pemasangan listrik yaitu power supply, kabel dan hambatan merupakan instalasi yang wajib dicermati. Misalnya hambatan atau resistor listrik tidak dipasang dengan benar, maka kestabilan aliran listrik tidak bisa terjadi sehingga memicu masalah arus pendek.

2. Kualitas kabel bermasalah

Penyebab kebakaran karena arus pendek bisa disebabkan oleh kualitas kabel yang kurang berkualitas. Di pasaran, Anda bisa menemukan harga kabel mulai termurah hingga paling mahal.

Namun, pastikan Anda selalu mengecek kualitas kabel memiliki SNI atau Standar Nasional Indonesia guna memastikan kabel tidak berisiko gampang terkelupas, rusak dan sebagainya. Sebaiknya Anda memastikan bahwa kabel memang sesuai standar pemasangan atau kegunaaan dan kapasitas hantar arusnya.

3. MCB tidak berfungsi dengan baik

MCB adalah Miniature Circuit Breaker yang berfungsi untuk melindungi rangkaian listrik di rumah atau bangunan lain dari arus yang berlebihan. Keberadaan MCB yang tidak berfungsi normal sering menjadi penyebab arus pendek, lho! Jika arus listrik atau beban terlalu berlebihan, maka MCB bisa memutus arus listrik secara otomatis sehingga risiko kebakaran tidak terjadi di pemukiman atau bangunan penting lain.

Sebaiknya Anda mengetahui penyebab terjadinya arus pendek yang sering terjadi agar bisa menekan risiko kebakaran yang merugikan dari segi finansial dan nyawa penghuni. Melakukan pemeliharaan dengan memperbaharui instalasi listrik minimal lima tahun sekali bisa menjadi solusi mencegah arus pendek. Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan pemerintah terkait pemasangan listrik yang legal dan tidak membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, ya!

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *